Sabtu, 11 Januari 2014

Home » » Sistem Operasi Mobile yang Pernah Sukses di Pasaran

Sistem Operasi Mobile yang Pernah Sukses di Pasaran

Sistem Operasi  Mobile yang Pernah Sukses di  Pasaran

Sistem operasi mobile merupakan sistem operasi yang berjalan pada perangkat ponsel pintar dan tablet. Sistem operasi ini biasanya berjalan mengontrol sistem dengan cara kinerja yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan Windows, Linux dan OS X yang berjalan pada komputer. Saat ini sistem operasi jenis ini sangat beragam. Namun yang menguasai pasar hanya ada empat, yaitu Android, iOS, Windows Phone, dan OS BlackBerry.

Sebenarnya masih ada sistem operasi mobile lain yang berkembang seperti Tizen dan Firefox. Sayangnya kedua sistem operasi ini belum populer untuk saat ini. Selain itu ada pula sistem operasi mobile lain yang pernah berjaya di masa lalu. Sistem operasi mobile ini kini tinggal jadi kenangan. Bagaimana bisa? Tentu karena sistem operasi terbaru memiliki kualitas yang lebih baik. Bisa juga faktor tidak adanya dukungan aplikasi yang membuat sistem operasi ini menemukan ajalnya. Lalu apa sajakah sistem operasi mobile yang pernah ada dan sekarang menjadi tiada? Berikut pembahasannya.

Symbian
Siapa tidak kenal sistem operasi mobile ini? Sistem operasi ini pernah melegenda. Tidak sedikit vendor yang menggunakan sistem operasi ini meskipun Nokia adalah vendor yang paling dominan dalam pemakaian. Sysmbian Diperkenalkan ke publik pertama kali tahun 1998, sistem operasi besutan Psion ini menggebrak pasar ketika masuk awal milenium. Saat itu, Nokia menjadi pemakai dominan sistem operasi ini. Namun LG, Sony, dan Samsung pun pernah menyematkan sistem operasi Symbian ke perangkat mereka.

Kesuksesan sistem operasi mobile Symbian ini dimulai tahun 2002. Saat itu produk Nokia seri Communicator banyak diincar. Setidaknya ada empat seri yaitu 9210, 9300, 9300i, dan 9500. Keempat seri Nokia Communicator ini mengusung sistem operasi Symbian 80. Dan tentu mempunyai perangkat ini saat itu menjadi sangat bergengsi. Kesuksesan ini juga berlanjut saat Symbian mengeluarkan seri 60 pada tahun 2006 dan Symbian 1 tahun 2008. Saat sistem operasi BB dan iOS mulai merambah pasar pada tahun 2008, Symbian masih tangguh. Namun ketika Android muncul, kepopuleran Sysmbian mulai merosot. Puncaknya ada tahun 2012 ketika ponsel Nokia sudah tidak dilirik. Nokia 808 PureView menjadi seri terkahir dari perangkat ini. Dan tepatnya pada September 2013, Symbian pun memiliki “shut down”.

Palm OS
Sistem operasi mobile yang dikenal pula dengan nama Garnet OS ini pernah berjaya. Saat itu, pasar sedang marak dengan perangkat PDA atau Personal Digital Assistants. Perangkat ini berjalan dengan Palm OS sebagai senjata utamanya. Salah satu perangkat yang diminati saat itu adalah Palm m505 yang berjalan pada sistem operasi Palm OS 4.0. Banyak kalangan profesional, termasuk di Indonesia yang menggunakan perangkat ini.

Sayangnya Palm OS tidak bertahan lama. Bulan Februari 2009, Palm diputuskan untuk tidak dikembangkan lagi. Hal ini terkait kurang lakunya perangkat ini meskipun saat itu Palm sudah masuk ke OS versi 5. Tentu persaingan pasar yang semakin ketat pun merupakan alasan terkuat matinya Palm.

Bada OS
Sistem operasi mobile ini dikembangkan Samsung. Sistem operasi ini sendiri diperkenalkan pada bulan Februari 2010. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan sekelas Electronic Arts dan Twitter mendukung penuh sistem operasi ini. Hasil dukungan ini membuahkan hasil. Terbukti saat Samsung merilis seri Wave S8500, pasar menanggapinya dengaan baik. Hanya dalam waktu satu bulan, ponsel ini terjual hingga satu juta unit. Samsung pun mengeluarkan seri Wave lainnya. Namun saat itu Samsung pun menjual perangkat dengan seri Galaxy yang mengusung sistem operasi Android. Kehadiran seri Galaxy ini justru “membunuh saudara nya sendiri”. Tak pelak, sistem operasi Android yang mendapat dukungan lebih kuat nyatanya lebih sukses dibandingkan dengan sistem operasi yang dikembangkan oleh Samsung sendiri.

Tanggal 25 Februari 2013 pun akhirnya menjadi tanggal keramat bagi Bada. Presiden Samsung saat itu memutuskan untuk menghentikan pengembangan sistem operasi ini dan lebih fokus pada pengembangan sistem operasi Tizen.

Demikianlah penjelasan tentang tiga sistem operasi yang pernah sukses namun akhirnya menemui ajal. Dari pemaparan ini tampaknya dapat disimpulkan bahwa sistem operasi tidak akan selamanya sukses. Ada kalannya sistem operasi mengalami surut bahkan ditutup seperti yang terjadi dengan ketiga sistem operasi tersebut. Lalu apakah ini juga berarti bahwa Android dan iOS yang menguasai pasar saat ini akan mengalami ajalnya juga? Hanya waktu yang mampu menjawabnya.

Ada 15 Komentar Pada Artikel » Sistem Operasi Mobile yang Pernah Sukses di Pasaran

  1. padahal OS Bada itu lumayan canggih dan simple..sayang harus mengalah dari android...padahal android bukan punya Samsung ,keep happy blogging always,,,salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Symbian ini konon paket dari HP jadul yang bisa CHAT ya. Semacam YM di HP dulu harus ada paket SYMBIAN bener kah

      Hapus
  2. sekarang era nya android n iOs

    BalasHapus
  3. Belum tau kalau tanya ya mas
    sebab sekarang ini android masih menguasai pasaran

    BalasHapus
  4. betul sekali syimbyan hanya tinggal legenda sekarang, tapi saya masih pake java ko wkwkwk

    BalasHapus
  5. dari semuanya yang pernah saya pake cuma symbian doang tuh :D

    BalasHapus
  6. symbian kini telah menjadi legenda :D

    BalasHapus
  7. Sekarang android
    jauh melejit
    waktupun cepat dan irit

    BalasHapus
  8. Java masih bertahan ya cik. Sekarang saya menggunakan java cik. Android saya dah rusak. Hehehe.

    Tapi masih ada yang menggunakan symbian loh cik, he he he

    BalasHapus
  9. kami ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulu pekerjaannya cuma tukan smir sepatu pendapatan setiap hari tidak seberapa anak empat istri suda satu tahun menderita kesakitan biaya pengobatan tidak mampu kebetulan saya buka internet saya dapat nomornya KI JAGAD kami lansung hubungi minta bantuan nomor ghoip hasil retual KI JAGAD 4d nya,yaitu .{7702}.benar2 jitu 100% keluarga kami sangat bersukur berkat bantuan angka ghoip hasil retual KI JAGAD sekali lagi terima kasih banyak KI JAGAD SAMUDRO keluarga kami, berhutan budi sama AKI bagi teman teman yang kesulitan ekonomi hubungi lansung KI JAGAD SAMUDRO di nomor ; 0853_2888_0168 AKI akan memberikan angka ghoip 100% tembus ???

    BalasHapus
  10. Dulu sempat saya pecinta berat symbian cik :)

    BalasHapus
  11. yang pernah saya tahu yah cuma symbian aja, yang lainnya saya malah baru tahu mas, makasih infonya :)

    BalasHapus
  12. Satu yang saya pahami setelah mengganti handphone saya satu tingkat diatas, broswing mobile banyak sekali kemudahan yang diberikan.

    BalasHapus
  13. Dg mobile phone semakin memanjakan pengguna berselancar

    BalasHapus

Label terkait:
|widget|Tips n trik1|Tips n trik2|Suak Putat|Seputar Jambi|Sejarah|Saint|Kehidupan|Religi|Olahraga|Mp3|Layanan|Langka tapi Nyata|Game|Ekonomi|Aplikasi|Kamus Bahasa|

Diberdayakan oleh Blogger.