Minggu, 15 Desember 2013

Home » » Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Manfaat menangis Bagi Kesehatan

Menangis kerap dikonotasikan negatif dan dianggap cengeng. Namun, keluarnya air mata memiliki dampak kesehatan bagi tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa air mata dapat mengeluarkan kimiawi negatif pada tubuh. Tidak hanya membuat perasaan menjadi lebih lega, menangis memberikan manfaat lainnya. Berikut Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Dikutip dari Net Doctor.

1. Berpengaruh Terhadap Emosional dan Stres
Menangis bisa mengeluarkan hormon endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Hormon tersebut yang memicu seseorang menjadi stres. elain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

2. Kesehatan Mata
Air mata ternyata meningkatkan kesehatan mata. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

3. Meningkatkan Suasana Hati
Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4. Mengeluarkan Racun
Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat air mata.

5. Perasaan Menjadi Lega
Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.

Ada 13 Komentar Pada Artikel » Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

  1. Terbukti benar yah. Bahwa Allah menciptakan segala sesuatunya beserta manfaatnya. Dan air mata menyembunyikan banyak manfaat.

    BalasHapus
  2. bersyukur jadi wanita, nggak usah malu kalau pingin nangis...lha kalau laki-laki nagis kan dibilang cemen, akhirnya mereka menahan diri untuk nggak nangis...hehehe

    BalasHapus
  3. Betul sekali mas..kalau tidak pasti malah menimbulkan penyakit susah lagi kan

    BalasHapus
  4. memang kalo udah nangis itu terasa lega dan hilanglah stres :D

    BalasHapus
  5. Siang mas,menangis ada manfaat nya jg ya ckck..jd pengen...

    BalasHapus
  6. wah jadi nambah pengetahuan nih sob,terimakasih sudah berbagi,,,

    BalasHapus
  7. Tapi, stigma cowok nggak boleh nangis biasanya menyebabkan kebanyakan laki-laki mengidap hipertensi, karena emosinya tidak tertumpahkan... padahal para sahabat nabi yang dulu gagah berani, setiap malam menangis tersedu-sedu ...

    BalasHapus
  8. menangis memang membuat hati lebih plong dan lega

    BalasHapus
  9. Wah ternyata banyak yah manfaat nya menangis....

    BalasHapus
  10. bener juga.. kalo udah nangis emang sih perasaan jadi lebih tenang...
    mampir ya kesini: Cara Mengatasi Sembelit saat Hamil

    BalasHapus
  11. ternyata ada juga ya manfaat dari kita menangis...
    salam
    http://indexiapk.blogspot.com

    BalasHapus
  12. harus dibanyakin nagis nih, buat jadwal nangis tiap sehabis makan dan sebelum tidur

    Informasi Komputer Internet

    BalasHapus

Label terkait:
|widget|Tips n trik1|Tips n trik2|Suak Putat|Seputar Jambi|Sejarah|Saint|Kehidupan|Religi|Olahraga|Mp3|Layanan|Langka tapi Nyata|Game|Ekonomi|Aplikasi|Kamus Bahasa|

Diberdayakan oleh Blogger.