Jumat, 08 Maret 2013

Home » » Makanan Khas Provinsi Jambi

Makanan Khas Provinsi Jambi

Makanan Khas Provinsi Jambi - Tak kalah dari daerah-daerah lainnya, Jambi juga memiliki makanan khas yang patut untuk dicoba. Mau tau apa aja ? yuk simak di bawah ini :

1. Tempoyak
cik_awi
Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk teman nasi. Tempoyak juga dapat dimakan langsung (hal ini jarang sekali dilakukan, karena banyak yang tidak tahan dengan keasamandan aroma dari tempoyak itu sendiri).

2. Gulai Tepek Ikan
cik_awi
Gulai Tepek Ikan yang berbahan dasar ikan gabus ini merupakan makanan bersejarah dan hanya dihidangkan pada momen penting, seperti perkawinan, kenduri, acara adat dan jamuan menyambut tamu istimewa. dan selain gulai tepek ikan ini jambi juga memiliki tempoyak sebagai kuliner khas yang lain.

3. Sup Tulang
cik_awi
Sup tulang ini, kuahnya bening dan ditaburi daun bawang serta bawang goreng. Daging sapinya empuk dan terasa lezat, sebenarnya mirip sup iga. lama merebus daging kira-kira 4-5 jam, makanya daging bisa terasa empuk.Sop Tulang ini sangat mantap kali disantap dengan nasi putih diwaktumengalami hujan lebat.

4. Nasi Gemuk
cik_awi
Sama seperti nasi uduk bahan dasaruntuk membuat nasi gemuk adalah beras, santan, daun pandan, daun salam, dan daun jeruk serta beberapa rempah-rempah lainnya. Pada dasarnya sama dengan bahan dasar dari nasi uduk hanya saja sedikit perbedan ada pada pelengkapnya saja. Nah sobat demikian tulisan saya tentang Makanan Khas Provinsi Jambi Semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang khazanah tanah air kita tercinta, Indonesia terutama Makanan Khas Provinsi Jambi

Post entry sebelum nya:

Label terkait:
|widget|Tips n trik1|Tips n trik2|Suak Putat|Seputar Jambi|Sejarah|Saint|Kehidupan|Religi|Olahraga|Mp3|Layanan|Langka tapi Nyata|Game|Ekonomi|Aplikasi|Kamus Bahasa|

Ada 13 Komentar Pada Artikel » Makanan Khas Provinsi Jambi

  1. wuih maknyus bangget sob,jadi laper melihatnya sob.

    BalasHapus
  2. Yang paling menggoda saya adalah nasi gemuk,,bakalan gemuk ini kalau makan itu yah sob hihi :)

    BalasHapus
  3. met sore genk wah trmksih banyak genk jadi tau soal makanan khas jambi trmksih'y mas. kmi kmbalikan gelas yang sudah kosong mas gelas kopi kemarin hehehe

    BalasHapus
  4. huehehe berkuah.. mantap! neguk air liur kang saiia nya :p

    Belajar Photoshop

    BalasHapus
  5. Ternyata durian juga bisa dibuat lauk ya :)

    BalasHapus
  6. jika dari namanya pernah denger TEMPOYAK, tapi yang lainnya baru tau ini... sepertinya enak semua makanannya...

    BalasHapus
  7. iya itu kayak sup iga :)) laziiiiis

    BalasHapus
  8. ade aje ide mu cik....keren nih makanan khas jambi....

    BalasHapus
  9. Waaah..
    Pengen nyobain semua nya..

    BalasHapus
  10. saya mau nasi gemuuk
    nggak bikin gemuk kan.

    BalasHapus
  11. Aduh aduh nih postingan, langsung saja hormon saliva memerintahkan kelenjar saliva untuk mengekskresikan air liur di dalam mulut.... Bener2 bikin ngiler dah, apalagi yg sup tulang bro... Pengen brrooooww

    BalasHapus
  12. yg no.1 itu penasaran pengen nyoba.., soalx baru dgr durian pake nasi *smile
    thx infox sob...

    BalasHapus
  13. ngiler nih bang..enak2 smua makanan khas.y

    koemn back in 2menitsaja.blogspot.com :D

    BalasHapus

Label terkait:
|widget|Tips n trik1|Tips n trik2|Suak Putat|Seputar Jambi|Sejarah|Saint|Kehidupan|Religi|Olahraga|Mp3|Layanan|Langka tapi Nyata|Game|Ekonomi|Aplikasi|Kamus Bahasa|

Diberdayakan oleh Blogger.