Rabu, 07 November 2012

Home » » Tips Merawat Rantai Motor Agar Tetap Bersih&Awet

Tips Merawat Rantai Motor Agar Tetap Bersih&Awet


Tips Merawat Rantai Motor Agar Tetap Bersih&Awet - Otolovers musim hujan sudah di depan mata, mungkin di sejumlah wilayah intensitas turunnya hujan sudah sering terjadi. Musuh utama bagi para bikers yakni genangan air (banjir) yang mengakibatkan motor terutama rantai motor jadi mudah kotor.
Permasalahan yang paling serius yakni rantai roda (drive chain) jadi kotor akibat kondisi jalan yang becek. Itu membuat rantai motor jadi mudah kendur dan gampang putus atau copot serta rantai juga jadi sering muncul bunyi berisik.
Nah, buat Otolover ada cara mudah merawat rantai motor agar tetap bersih dan awet. Ada beberapa tips yang akan saya kasih untuk Otolovers semua terutama bagi para bikers yang setiap harinya selalu berurusan dengan motor untuk melakukan aktivitasnya.
1. Atur rantai sepeda motor anda usahakan setelannya tidak sekedar kencang tapi juga Anda harus mengecek pin sambungan serta membersihkannya dari kotoran dan debu.
"Biasanya rantai motor itu kotor akibat oli atau pelumas yang sering kita gunakan. Ada baiknya Anda memeriksa rantai setiap 1.000 km.
2. Hal yang harus diperhatikan yakni mengecek pin rantai motor apa”ah pemasangannya sudah benar karena pin merupakan sambungan sekaligus pengunci sambungan rantai.
"Posisi pin itu cepat berubah. Terutama saat motor melaju kencang dan menerjang lubang. Otomatis tekanan rantai untuk mendorong motor jadi lebih besar. Itu biasanya yang membuat rantai cepat kendur.
3. Bersihkan rantai motor Anda dari kotoran atau debu yang menempel. Bila tidak dibersihkan rantai akan cepat rusak dan mudah kering, berkarat dan cepat haus karena getas.
"Usahakan bersihkan rantai dari debu dan yang lainnya 1 bulan sekali. Beres dibersihkan lalu lakukan pemberian pelumas. Usahakan jangan pakai oli bekas tapi pake pelumas yang khusus rantai motor.
4. Saat melakukan pelumasan jangan sembarangan, karena biasanya orang memberikan pelumas rantai sembarang tidak menggunakan cairan yang telah dianjurkan.
"Saat melakukan pulumasan rantai usahakan motor di standar 2 lalu nyalakan mesin untuk mempermudah perputaran rantai saat dilumuri pelumas. Berikan pelumas secara merata karena kalau tidak nantinya bagian yang tidak kena pelumas akan mudah berkarat atau pin-nya kendur.

Ada 13 Komentar Pada Artikel » Tips Merawat Rantai Motor Agar Tetap Bersih&Awet

  1. mkasi sobat tips nya..

    bisa dicoba pada saat waktunya

    BalasHapus
  2. Makasih tipsnya kawan. Biar motor tetep awet.

    BalasHapus
  3. dulu sering mraktekin kalau punya montor, tapi kadang juga males e. soalnya anak kost. tapi teman sekost ku tu rajin banget kalau soal beginian.

    BalasHapus
  4. dengan cara di atas pasti kita mengendarainya lebih enak, terima kasih infonya..

    BalasHapus
  5. artikel manteb nih sob.bisa docoba

    BalasHapus
  6. Biasanya saya menggunakan oli untuk melumasi rantai.

    BalasHapus
  7. kalo aku mah gak dirawat ahaha, ceroboh sekali.
    mampir balik ya kak ke blogku :)
    .

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. komentarnya mas ikrom di blog saya saya hapus mas, karena tidak bermanfaat dan terindikasi spam

      Hapus
  9. kalo saya paling gak bisa ngerawat rantai bang
    hahaha
    maklum lah bukan otolovers

    BalasHapus
  10. absen malam sob.
    ke blog ane jg ya.

    BalasHapus
  11. jangankan merawat motor, mengendarai aja aku ga bisa hehehe

    tapi ilmunya bagus untuk di simpan, kalo ada yang tanya tahu jawabnya :)

    BalasHapus
  12. tambahan dari saya, kalo misalkan mau pake pelumnas rantainya, jangan pake pelumnas oli bekas atau yang disemprot2 gitu agan agan, tapi coba pakai oli asli seperti oli vespa, punya saya awet gan, dan juga enak di pakenya :D | silahkan di coba sama agan agan smua :)

    www.kaze-kate.net

    BalasHapus

Label terkait:
|widget|Tips n trik1|Tips n trik2|Suak Putat|Seputar Jambi|Sejarah|Saint|Kehidupan|Religi|Olahraga|Mp3|Layanan|Langka tapi Nyata|Game|Ekonomi|Aplikasi|Kamus Bahasa|

Diberdayakan oleh Blogger.